Beberapa Hal Cara Mengobati Kanker Nasofaring dan Efek Sampingnya

Setelah muncul gejala kanker nasofaring pada seseorang, tahap selanjutnya adalah mengobati penyakit kanker nasofaring. Ada beberapa tahap cara mengobati kanker nasofaring secara medis. Pengobatan kanker dilakukan setelah dokter menganalisa dan mendiagnosa penyakit kanker yang diderita pasien. Selain itu, cara mengobati kanker dibagi menjadi dua. Yaitu cara mengobati kanker secara medis dan cara mengobati kanker secara alami. Namun apapun pengobatannya, yang berhak memilih cara pengobatan adalah pasien atau keluarga pesien. Apakah menginginkan pengobatan secara medis ataukah pengobatan secara alami. Pengobatan kanker hanya dilakukan jika seseorang benar-benar menderita penyakit kanker. Maka beruntung bagi orang yang tidak menderita kanker. Sebaik-baiknya pengobatan, lebih baik apabila kita tidak terserang penyakit kanker. Selain pengobatan medis yang mahal, pengobatan medis menimbulkan efek samping yang dapat merusak tubuh. Inilah pemaparan mengenai cara mengobati kanker nasofaring secara medis yang perlu kita ketahui. Agar kita mempunyai gambaran bagaimana pengobatan kanker secara medis. Berikut ini pemaparan pengobatan kanker nasofaring secara medis.

Kanker Nasofaring

Sumber : hellosehat.com

Dilansir dari alodokter.com, cara mengobati kanker nasofaring yang umum digunakan adalah sebagai berikut :

  1. Radioterapi 

Radioterapi dilakukan untuk mengangkat dan mengatasi sel kanker yang ringan. Radioterapi berfungsi untuk menghentikan sel kanker dan mengatasinya.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan metode pengobatan kanker yang menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker dalam tubuh. Metode kemoterapi biasa dilakukan bersamaan dengan radioterapi agar hasilnya maksimal.

  1. Pembedahan

Pembedahan ini hanya dilakukan apabila sel kanker telah mencapai kelenjar getah bening. Dan perlu adanya pengangkatan sel kanker.

  1. Imunoterapi 

Imunoterapi merupakan pemberian obat yang mempengaruhi sistem imun tubuh untuk melawan kanker.

Selain itu, menurut halodoc.com efek samping yang ditimbulkan dengan memakai pengobatan diatas diantaranya adalah pada radioterapi efek samping yang ditimbulkan adalah mulut kering, kematian sel tulang, peradangan membran mukosa pada saluran pencernaan, kerusakan gigi, penebalan dan pembentukan luka pada jaringan lunak, dan tidak berfungsinya saraf kranial.

Pembedahan pun mempunyai risiko pendarahan dan infeksi. Sedangkan efek samping kemoterapi adalah mudah lelah, rambut rontok, mudah terjadinya memar dan berdarah, adanya infeksi, anemia, mual disertai muntah, berubahnya nafsu makan, sembelit, diare, luka dan terasa nyeri saat menelan, mati rasa, kesemutan, nyeri, perubahan kulit dan kuku seperti kulit yang mengering dan berubah warna, berat badan yang berubah, berubahnya libido dan fungsi seksual, serta terdapat masalah kesuburan.

Kesimpulan dari pemaparan diatas adalah cara mengobati kanker nasofaring dilakukan dengan cara radioterapi, kemoterapi, pembedahan, dan imunoterapi. Sedangkan efek samping yang ditimbulkan dari pengobatan tersebut yaitu radioterapi mempunyai efek samping mulut kering, kematian sel tulang, peradangan membran mukosa, kerusakan gigi, pembentukan luka pada jaringan lunak, dan tidak berfungsinya saraf kranial.

Efek samping kemoterapi adalah kelelahan, rambut rontok, mudah memar dan berdarah, infeksi, anemia, mual dan muntah, nafsu makan berubah, sembelit, diare, nyeri saat menelan, mati rasa, kesemutan, nyeri, perubahan pada kulit dan kuku, berat badan berubah, perubahan libido dan fungsi seksual, dan masalah kesuburan. Dan efek samping pembedahan adalah risiko infeksi dan pendarahan.

Demikian pemaparan mengenai cara mengobati kanker nasofaring yang dipaparkan kali ini. Dapat disimpulkan bahwa pengobatan kanker secara medis terdapat efek samping yang sangat banyak. Maka bagi yang belum terserang kanker, jagalah kesehatan Anda sebelum terserang kanker. Jauhi pemicu kanker dan jalani pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan kanker.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*